Tax Goes to Campus digelar KPP Subang di prodi D3 Keperawatan


KPP Pratama Subang secara resmi menggelar kegiatan yang bertemakan “Tax Goes to Campus” di Aula Politeknik Negeri Subang.

“Kegiatan “Tax Goes to Campus” merupakan kegiatan yang setiap tahun dilakukan. Pada tahun ini mengusung tema generasi muda sadar pajak wujud bela negara.  Selain kegiatan tax goes to campus pada bulan sebelumnya, telah dilaksanakan kegiatan yang sama namun kegiatan tersebut dinamakan pajak bertutur  ,” kata perwakilan dari KPP Pratama Subang

Menurutnya, apa si manfaat yang dirasakan karena adanya pembayaran pajak dan arti dari wujud bela negara, seperti yang dirasakan saat ini yang mana kita dalam keadaan pandemi covid-19 dan masyarakat Indonesia menerima vaksin gratis itu merupakan suatu wujud bela negara kontribusi pajak pada APBN itu sebesar 82%.

“Wujud bela negara dari pada pajak adalah kita bisa menjaga keamanan negara dengan melakukan pembelanjaan atas alutsista, infrastruktur yang kita rasakan saat ini. Restitusi dipermudah yang mana waktunya hanya 1 bulan,” ujarnya.

Dikatakannya, Adik adik mahasiswa ini merupakan mitra bagi KPP untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan pajak dan ketika masyarakat semakin sadar pajak maka pendapatan negara akan meningkat.

“Yang masih sangat kurang dalam pembayaran pajak untuk wajib pajak badan. Yang menjadi penyebab wajib pajak sedikit melakukan pembayaran pajak apakah ketidaktahuan dari pada wajib pajak tersebut ataukah memang disengaja. Dan juga sistem pembayaran pajak saat ini adalah self assesment dan office assessment,” katanya.

Program ini diharapkan bisa memicu kesadaran mahasiswa mahasiswi sebagai generasi penerus bangsa untuk membentuk karakter sadar wajib pajak.

 

Serah Terima Praktik Klinik Rumah Sakit Jiwa Prodi D3 Keperawatan


Pada tanggal 14 November 2022 dilaksanakan Kegiatan pembukaan praktek Klinik Keperawatan Jiwa (2 sks) Bagi Mahasiswa Prodi Keperawatan Politeknik Negeri Subang yang bertempat di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat. Praktek klinik keperawatan jiwa berlangsung dari tanggal 14 November s/d 10 Januari 2022, Kegiatan ini dibagi menjadi tiga periode /gelombang dinas yaitu Gelombang I : 14-26 Nov dan Gelombang 2 : 28 Nov-10 Des – 8 Jan 2022;

Kegiatan praktek klinik jiwa diikuti dengan antusias oleh 58mahasiswa guna mendapatkan kompetensi ilmu keperawatan khususnya keperawatan Jiwa. Adapun Pembimbing Kegiatan Praktik Klinik Keperawatan Jiwa yaitu  Ibu Habsyah Safaridah., S.Kep., Ners., M.Kep.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah ilmu dan pengalaman bagi mahasiswa tingkat III, khususnya dalam bidang ilmu keperawatan jiwa sebagai bekal dalam menghadapi kasus-kasus gangguan kejiwaan.

 

Tim Bola Voli Putra Prodi D3 Keperawatan pulang membawa gelar juara


Dalam Rangka Dies Natalis Jurusan Teknik Perawatan Mesin yang ke-6, Program studi D3 Keperawatan mengikuti perlombaan Bola Voli yang diadakan pada bulan September, bertempat di Gedung Mesin. Pertandingan ini diikuti oleh Jurusan Mesin, Agroindustri, Sistem Informasi dan Keperawatan.  Tahun ini, Prodi D3 Keperawatan menjadi juara pertama.

Squad Keperawatan diperkuat  oleh Rizky, Dani, Yudi, Reza, Doni, Rizky Mulyana dan Aldin. 

Pada babak grand final, Keperawatan menang melawan Mesin.Sempat tertinggal dengan kedudukan 2-0, akhirnya keadaan berbalik menjadi 3-2. Tim keperawatan berhasil unggul dan membawa hadiah berupa thropy, sertifikat dna uang pembinaan.

Rizky dari tingkat 2 yang merupakan salah satu pemain inti mengatakan senang bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba volli ini dan ebrharap tahun yang akan datang keperawatan bisa mempertahankan gelar juaranya.

Kesan pertama mahasiswa baru D3 Prodi Keperawatan Ujian Tengah Semester


Prodi D3 Keperawatan Politeknik Negeri Subang sedang melangsungkan Ujian Tengah Semester (UTS) pada (14/10). UTS diadakan dari mulai tanggal 10 September-14 September. Tentunya hal tersebut menjadi pengalaman pertama mereka pasca resmi menyandang status sebagai mahasiswa. Bahkan beberapa mahasiswa mengaku sempat merasa bingung kala menjalani masa UTS.

Azka mahasiswa tingkat 1,mempertegas bahwa UTS kali ini sangat berbeda dengan ujian saat dia duduk di bangku sekolah dulu. Ketika masih sekolah, seluruh materi pelajaran, latihan soal dan kisi-kisi ujian sangat rinci dijelaskan oleh pengajar, sehingga siswa tidak akan kesulitan ketika ujian berlangsung. Berbeda ketika menjadi mahasiswa, segala hal harus dipersiapkan secara mandiri.

Budaya para mahasiswa dalam menyiapkan ujian biasanya adalah mempelajari power point materi yang diberikan oleh dosen, membaca ulang catatan mandiri dan melengkapi catatan dengan searching di internet. Tips-tips tersebut mereka peroleh hasil dari sharing bersama kakak tingkat. Sehingga mereka tahu apa yang harus dipersiapkan selama menghadapi ujian.

Pada akhir, para mahasiswa baru berharap di UTS perdana mereka bisa mendapatkan hasil terbaik. Juga untuk ke depannya mereka ingin mempersiapkan ujian jauh-jauh hari dengan lebih insentif supaya mendapat hasil lebih maksimal ketika UAS nanti.

Kenalkan dunia industri secara nyata, Prodi D3 Keperawatan melakukan kunjungan industri ke Rumah Perawatan Luka WO Care Indonesia


Bekasi — Beragam cara dilakukan untuk mengembangkan kompetensi keahlian tertentu para lulusan prodi keperawatan. Upaya upaya yang dilakukan menjadi harapan prodi sehingga para lulusan tidak hanya siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri (DUDI), tapi juga siap menjadi pelaku usaha atau startup.

Direktur WO Care Indonesia mengatakan, perkembangan perawatan luka dengan konsep Moist Wound Healing semakin tren dalam dunia kesehatan. Hal ini menjadi peluang untuk mahasiswa keperawatan dalam mengembangkan entrepreneur.

Selain mempercepat proses penyembuhan konsep Moist Wound Healing ini memberikan dampak kecantikan pada kulit. Peminatan Moist Wound Healing saat ini sudah masuk dalam kurikulum institusi pendidikan keperawatan di Indonesia.

Menurut Ade Nuraeni., S.Kep., Ners., M.Kep, Politeknik Negeri Subang kedepannya memiliki komitmen untuk memasukkan materi Perawatan Luka Modern dalam kurikulumnya. Agar mahasiswa mendapatkan kompetensi dan pengalaman baru tentang perawatan luka dalam Mata Kuliah Wound Care.

 

 

Wisuda ke 6 Politeknik Negeri Subang


Upacara Wisuda ke-6 periode 2022 Politeknik Negeri Subang (Polsub) diselenggarakan secara langsung di Auditorium Balai Sawala Ageung Fave Hotel dan live streaming youtube Polsub, pada Sabtu (17/9/2022).

Pada hari yang berbahagia, Polsub mewisuda 28 mahasiswa keperawatan dari total 98 wisudawan, pada kesempatan tersebut juga dilakukan profesi sacral bagi alumni mahasiswa keperawatan yaitu dengan dilaksanakannya sumpah perawat.

Ketua Program studi D3 Keperawatan Ade Nuraeni., S.Kep., Ners., M.Kep menghadirkan  orang tua sejak adanya wabah Covid-19. “Hari ini untuk pertama kali kita mengundang para orang tua atau wali yang memang hal ini menyesuaikan dengan perkembangan kasus Covid-19 di Indonesia. Sebelumnya Polsub hanya menyelenggarakan kegiatan wisuda dengan daring,” ujarnya.

Wisuda juga dihadiri oleh Direktur Politeknik Negeri Bandung bapak Dr. Ir. Rachmad Imbang Trijahjono, M.T. Dia memberikan Orasi Ilmiah dan juga menitipkan pesan supaya wisudawan wisudawati dapat berpikir kritis, kreativ serta memberikan solusi dalam permasalahan yang akan ditemui pada saat bekerja nanti..(WFS)

 

Penerapan Intervensi Kognitif berbasis spiritual di wilayah kerja Puskesmas Cikalapa


SUBANG – Upaya peningkatan Quality of Life terus dilakukan dan ditingkatkan. Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi D3 Keperawatan Politeknik Negeri Subang dengan didukung dana dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Politeknik Negeri Subang, melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Cikalapa. Kegiatan berupa penyuluhan dan pelatihan kesiapan dalam penerimaan diri pada pasien Hipertensi pada Senin (19/09/2022).

Pengabdian masyarakat ini dipimpin dosen Program Studi D3 Keperawatan Wardah Fauziah., S.Kep., Ners., M.Kep bersama dosen dan staff prodi keperawatan yang lain. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan melibatkan warga kelurahan Pasir Kareumbi Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.  Mengusung tema “Intervensi Kognitif Spiritual (Murrotal Ar-Rahman) untuk meningkatkan penerimaan diri pasien Hipertensi”.

Lansia menjadi sasaran yang tepat untuk pelaksanaan program ini. Dikarenakan Hipertensi banyak terjadi pada lansia, berkenaan dengan proses degenerative. Pada kegiatan tersebut, tidak hanya dilakukan intervensi kognitif spiritual tetapi juga dilakukan pemaparan materi mengenai penyakit Hipertensi seperti klasifikasi hipertensi, penyebab, dan pencegahan penyakit Hipertensi dari Tim Pengmas Prodi D3 Keperawatan.

Antusiasme masyarakat pun terkihat selama mengikuti kegiatan penyuluhan. Hal ini ditandai banyak masyarakat yang larut dalam perasaannya, bahkan tidak sedikit yang menitikan air mata dan bersyukur bisa mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Intervensi kognitif spiritual dinilai efektif untuk memberikan edukasi mengenai penerimaan diri pasien Hipertensi, oleh karena ini Program studi Keperawatan Politeknik Negeri Subang bekerja sama dengan Puskesmas Cikalapa untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan memberikan intervensi kognitif spiritual untuk meningkatkan penerimaan diri pasien.

Hasil evaluasi menunjukan respon yang positif dari masyarakat mengenai pelaksanaan intervensi yang dilakukan.

Kegiatan Praktisi Mengajar di Prodi Keperawatan


Direktur Sumber Daya Kemendikbudristek Sofwan Effendi mengatakan program praktisi mengajar  dapat melahirkan lulusan kompeten dalam bidang akademik maupun profesional di dunia industri.

Sofwan mengatakan program ini merupakan kolaborasi bersama antara kampus dan praktisi.

“Kita ingin para lulusan mempunyai paket lengkap baik secara akademik maupun profesional di dunia industri agar siap pakai dan  siap kerja” ujar Ade Nuraeni., S.Kep., Ners., M.Kep melalui keterangan tertulis, Selasa (31/8/2022).

Nantinya dalam program praktisi mengajar, mahasiswa akan mendapatkan pengalaman langsung dari praktisi profesional sesuai bidangnya, selain itu mahasiswa juga langsung dihadapkan pada problem rill dari pengalaman yang disiapkan atau disampaikan oleh para praktisi yang dihadirkan di kampus. Program ini merupakan program kolaborasi antara akademik dengan praktisi.

Mata kuliah yang berkesempatan untuk mendapatkan praktisi mengajar adalah mata kuliah keperawatan kritis dan keperawatan paliatif yang masing masing diampu oleh Pak Novian Mahayu Adiutama., S.Kep., Ns., M.Kep dan Wardah Fauziah., S.Kep., Ners., M.Kep. Sementara praktisi yang dihadirkan adalah Pak Aries Sulaeman., S.Kep., Ners., M.Kep., Sp. KMB yang merupakan seorang perawat di Rumah Sakit Umum Daerah Bayu Asih Purwakarta.

“Kami senang mengikuti kelas dengan praktisi mengajar karena akan mendapatkan pengalaman unik di lapangan yang sebelumnya belum pernah kami dapatkan..” Ujar mahasiswa keperawatan tingkat 3 bernama Rifki. 

 

Mahasiswa Prodi Keperawatan membawa pulang mendali KADISJAS TNI AD se Jawa Barat


Naufal Rifqi Rommy meraih prestasi membanggakan. Salah satu karateka binaan FORKI Kabupaten Subang ini meraih juara 2 Kata Beregu Putra Senior dalam kejuaraan karate Open Championship FORKI Cimahi ” Piala KADISJAS TNI-AD tingkat Jawa Barat” 2022 di GOR M.Toha, Cimahi, pada 19-22 Agustus 2022.

Dalam kegiatan yang diikuti oleh seluruh atlet karateka se Jawa Barat tersebut, Naufal Rifqi Rommy mampu tampil memukau dan berhasil meraih juara 2 dalam kejuaraan karate  tersebut

Naufal mengungkapkan bahwa prestasi yang Naufal toreh untuk membanggakan orang tua dan juga membawa nama harum kampus Politeknik Negeri Subang. ” Saya senang sekali bisa keluar sebagai juara dan membanggakan orang tua serta membawa nama baik Politeknik Negeri Subang, saya merasa senang karena cape latihan bisa terbayar dengan membawa pulang mendali hehe..saat ini saya juga sedang mempersiapkan untuk Kejuaraan di Tingkat Nasional dan juga sedang latihan intens untuk persiapan PORDA untuk mewakili Kabupaten Subang, minta doa ya kepada rekan rekan semoga Naufal bisa menjadi juara lagi..” lirih mahasiswa kelas 2A yang akrab dipanggil Opal ini.

 

Sementara di kesempatan terpisah Novian Mahayu Adiutama., S.Kep., Ns., M.Kep, selaku pembina kemahasiswaan Politeknik Negeri Subang  mengatakan sangat bangga atas prestasi emas yang diraih karateka yang dimiliki oleh prodi D3 Keperawatan dalam Piala KADISJAS-TNI AD 2022″Event ini sangat berkelas. Saya harap akan banyak muncul Naufal Naufal lain di Politeknik Negeri Subang. Saya bangga Politeknik Negeri Subang memiliki atlet karateka seperti Naufal dan mampu menorehkan tinta emas di ajang-ajang bergengsi,” ujar Novian.

Naufal saat pembagian mendali dan sertifikat kejuaraan

Monitoring Evaluasi Akreditasi Program Studi D3 Keperawatan dari Asesor LAM-PTKes


Pada hari Senin, 20 Juni 2022, Prodi D3 Keperawatan Politeknik Negeri Subang  mengadakan kegiatan Monitoring Evaluasi Pasca Akreditasi Prodi melalui daring, dengan asesor LAM-PTKes Bapak Aan Somana, SKp., M.Pd., M.N.S Kegiatan ini merupakan program rutin yang dilakukan oleh LAM-PTKes guna memantau perkembangan kemajuan program studi pasca akreditasi. Dengan kegiatan ini diharapkan prodi bisa selalu berbenah dan memperbaiki kekurangan berdasarkan masukan dan rekomendasi asesor saat akreditasi progra studi. Program Studi D3 Keperawatan Politeknik Negeri Subang selalu berkomitmen untuk selalu meningkatkan mutu dan pelayanan  program studi untuk menuju prodi dengan akreditasi Unggul. Terima Kasih kepada segenap civitas akademika Politeknik Negeri Subang dan Seluruh Dosen program Studi Keperawatan  atas kerjasama dan kerja kerasnya dalam menyiapkan kegiatan ini.(WFS)